Senin, 01 Juni 2015

BERITA ISTEK (islam dan teknologi) Desain interface aplikasi perpustakaan beserta gambar. TUTORIAL desain interface aplikasi perpustakaan

Desain interface aplikasi perpustakaan

A.    Pengertian desain interface.
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur Penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu di perlihatkan. Interface yang ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara :
1.      Input
Memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem.
2.       Output.
memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna
B.     Tujuan desain interface.
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan.  Meski pada umumnya panduan interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.
Meskipun penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah, sering sekali dianggap kurang begitu penting. Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis, bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya.
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan.
C.     Pengertian dan tujuan perpustakaan.
perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melelui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka:
a.       Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan
b.      Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik.
c.       Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik.
d.      Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemempuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia
e.       Dapat meningkatkan tarap kehidupan seharihari dan lapangan pekerjaannya.
f.       Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa.
g.      Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial.
D.    Langkah langkah desain interface perpustakaan.

A.    Fitur dari aplikasi perpustakaan
1.      ADMINISTRATOR PERPUSTAKAAN
a.       Staf admin(Menambah dan menentukan otorisasi staf perpustakaan Password staf perpustakaan Edit staf perpustakaan Menghapus staf perpustakaan
b.      setting perpustakaan secara custom
c.       Menentukan Lama Peminjaman
d.      Menetukan Koneksi Database perpustakaan
e.       Backup Database perpustakaan
f.       Buka Database perpustakaan
g.      Level Akses User
h.      Maintenance(Mengatur user software perpustakaan dengan akses berbeda beda)
i.        Login software perpustakaan
2.      KATALOGISASI PERPUSTAKAAN
a.    Data Buku (Form untuk menyimpan atau penelusuran koleksi buku diperpustakaan anda), :
1.      Entri Data Buku
2.      Hapus Data Buku
3.      Edit Data Buku
b.     Data Peminjam/Anggota Perpustakaan (input data anggota atau peminjam di perpustakaan) terdiri atas :
1.   Entry Data Peminjam
2.   Hapus Data Peminjam
3.    Edit Data Peminjam
3.      PENCARIAN PERPUSTAKAAN.
1.      Pencarian Buku :Penelusuran / Pencarian buku berdasarkan kode,judul buku
2.      Pencarian Anggota Perpustakaan : Penelusuran / Pencarian Anggota Berdasarkan Kode anggota,nama, dan alamat anggota perpustakaan
4.      TRANSAKSI PERPUSTAKAAN
1.      Transaksi Peminjaman Buku.
 Melakukan Transaksi Peminjaman buku dengan cara yang mudah dan gampang untuk diguanakan, dan didesain seefisian mungkin untuk mengatisipasi apabila terjadi antrian yang panjang
2.      Transaksi Pengembalian Buku.
 Transaksi Pengembalian Buku Perpustakaan dilakukan dengan pengembalian semua atau sebagian.
5.      KETERLAMBATAN/DENDA.
software perpustakaan ini dilengkapi dengan fitur untuk mengetahui keterlambatan pengembalian buku. Jika peminjam buku perpustakaan telat mengembalikan ,maka software perpustakaan ini akan secara otomatis menjumlah denda yang telah di set pada masing-masing buku, ingat masing-masing buku mempunyai harga denda yang berbeda - beda, sedangkan untuk dendanya adalah jumlah terlambat (hari) x Denda Pada Buku Tersebut
6.      LAPORAN
1.         Data Anggota perpustakaan.
1.                  Diurutkan Berdasarkan Kode Anggota perpustakaan
2.                  Diurutkan Berdasarkan Nama Anggota perpustakaan
2.      Data Buku
3.      Data Peminjam
4.      Keterlambatan
5.      Denda
6.      Tiap tiap Buku yang sedang dipinjam
B.     Desain interface.
1.      Anggota.
Semua data dari anggota perpustakaan akan di simpan baik itu  menambah anggota ataupun meng-edit anggota.


2.      Konfigurasi



3.       Peminjaman.
Semua buku yang di pinjam oleh anggota akan di simpan oleh petugas. Seperti gambar di bawah ini.



4.      Pengembalian.


Jika anggota akan mengembalikan buku. Maka petugas melihat data dulu di tabel peminjaman. Seperti gambar di bawah ini.
5.      Perpanjangan
Jika anggota akan memperpanjang buku, maka buku di perpanjang masa waktu peminjamanya, seperti gambar di bawah ini.


6.      Laporan peminjaman.
Semua data peminajaman akan masuk kedalam data laporan peminjaman. Seperti gambar di bawah ini.

7.      Denda.
Jika anggota melakukan kesalahan baik, itu buku hilang, telat pengembalianya, ataupun buku rusak, maka akan di kenakan denda oleh petugas. Seperti gambar di bawah ini










Tidak ada komentar: